Senin, 25 Maret 2019 | 13:06 WIB

Perjuangan Wiranatakusumah di Tanah Pasundan Akan Dilanjutkan Oleh Sosok Wanita Ini

foto

Administrator

Mungkin Publik belum begitu mengenal sosok wanita cantik kelahiran Bandung 10 Februari 1975 ini. Dirinya sendiri tidak pernah menyangka sebelumnya akan dimandatkan mengabdi di tanah leluhurnya, tanah Pasundan. Raden Ajeng Medina Wiranatakusumah kini tengah mempersiapkan menjadi wakil Sumedang, Majalengka dan Sumedang untuk tandang di kontestasi Pemilihan Anggota Legislatif 2019 yang akan datang.


“ Mohon restu pada para sesepuh dan tokoh Jawa Barat, khususnya di kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, “ kata Medina pada awak media di Bandung, 13 Agustus 2018.


Medina sendiri merupakan keturunan langsung Wiranatakusumah V yang bukan hanya memiliki nama besar di Jawa Barat. Nama Wiranatakusumah tercatat sebagai tokoh tanah Pasundan dan pendiri kota Bandung, Jawa Barat. Kakek Buyut Medina ini juga memiliki kaitan erat dengan Sumedang. Nama harum Wiranatakusumah ini karena Wiranatakusumah banyak melakukan sumbangsih besar bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam merintis kemerdekaan.


Raden Aria Adipati Wiranatakusumah V, adalah Menteri Dalam Negeri RI yang pertama. Wiranatakusumah V mendapat Pendidikan di ELS, OSVIA dan HBS. Sewaktu pembentukan Republik Indonesia Serikat, nama ini pernah menjabat sebagai Wali atau Presiden Negara Pasundan. Selain itu, dirinya juga merupakan Bupati Bandung periode 1920 – 1931 dan 1935 – 1945. Pada tahun 1945 Wiranatakusumah V diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri RI, setelah itu diangkat menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Agung RI dari tahun 1945 hingga 1948, sebelum akhirnya menjadi Presiden Negara Pasundan. R.A.A Wiranatakusumah juga dikenal sebagai pendiri Kota Bandung.


Selain menyandang nama besar Wiranatakusumah, ternyata Medina juga memiliki rekam jejak di dunia politik dan bisnis. Kini Medina merupakan Pengurus DPP Partai Golkar Bidang Hubungan Lembaga Politik dan sekaligus Anggota KPPG ( Kesatuan Perempuan Partai Golkar ) . Sebelumnya politisi cantik ini merupakan Tenaga Ahli Anggota DPR RI pada tahun 2013 – 2017 . Hal ini yang mendorongnya untuk aktif di dunia politik. Cucu dari Raden Tumenggung Male Wiranatakusumah (putra pertama dari R.A.A. Wiranatakusumah V ) ini pernah juga tercatat sebagai Accounting Processor di Vantage Asset Management, Arcadia, California USA pada 2007 – 2011. Selain itu Medina pernah mendapat Penghargaan Favorit Pembaca Majalah Aneka sebagai Finalist Guest Aneka pada tahun 1996.


Darah pengabdian keluarga Wiranatakusumah ternyata ada di diri Medina. Mantap maju sebagai Calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Sumedang , Majalengka dan Subang, Medina berniat memperjuangkan aspirasi perempuan dan menjaring aspirasi warga di 3 kabupaten ini.