Senin, 18 November 2019 | 10:46 WIB

Sosialisasikan Bank Sampah di Wilayah Subsektor 06 Citepus

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com ~ Mulai 5 Oktober 2019, Subsektor 06 Citepus menyosialisasikan pembuatan bank Sosialisasikan Bank Sampah di Wilayah Subsektor 06 Citepus 11 dan di RW 15 beserta ibu-ibu PKK yang diakhiri dengan tanya jawab.

Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat mengemukakan, sosialisasi bank sampah tersebut dimaksudkan agar warga disiplin membuang sampah di bak sampah yang nantinya dipilah-pilah yang organik dan non organik seperti plastik. 

"Ternyata sampah pun, kata Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat, kelak menjadi sehabat yang bisa menghasilkan uang dengan dibuatnya bank sampah."

Sementara Dansubsektor 06 Citepus Peltu Edy Purwanto dan John Sumual dari Bank Sampah Bersinar dalam sosialisasi itu bertindak sebagai nara sumber yang menguraikan pentingnya bank sampah yang bisa menghasilkan uang. 

Selain itu dalam menanggulangi sampah rumah tangga masyarakat diharapkan supaya tidak membuang sampah sembarang apalagi ke sungai. Bahkan, kata John Sumual, dengan rencana pembuatan bank sampah, masyarakat tidak menjadikan sampah sebagai musuh melainkan menjadi sahabat yang bisa mendatangkan uang. 

Dengan memilah sampah secara baik, katanya, masyarakat bisa menjual ke bank sampah. Dengan demikian, masyarakat teredukasi untuk lebih peduli dan melihat peluang baru, sampah bisa mendatangkan uang.

"Kini, tegas John Sumual, sampah tidak lagi dianggap sebagai musuh tetapi sampah sebagai sahabat yang dapat menghasilkan uang."

Karena itu ia berharap agar budaya sehat dan bersih diwujudkan dengan memilah sampah dan ini terungkap juga di lingkungan Universitas Kristen Maranatha melalui berbagai gerakan sosial yang bisa mendatangkan berkah.**