Senin, 18 November 2019 | 10:47 WIB

Hasil Cek IPAL 3 Perusahaan Textil di Solokanjeruk Sesuai Parameter Sektor 21

foto

Ken Zanindha

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Satgas 21 Subsektor 17 Solokanjeruk sesuai perintah Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat tetap melaksanakan tugas demi suksesnya program Citarum Harum yang saat ini memasuki tahun kedua.

Pada Senin (7/10), Satgas Subsektor 17 bersama warga menata kebersihan di Kp. Puja RW 04 Desa Panyadap sehingga tampak resik, sedap dipandang mata. Usai menata kebersihan di kampung tersebut, sebagian anggota Satgas mengadakan patroli ke 3 pabrik.

Patroli itu dilaksanakan ke pabrik-pabrik untuk mengecek upaya pengolahan limbah yang harus sesuai dengan baku mutu/parameter yang telah ditetapkan Sektor 21 yaitu di setiap outlet pabrik ikan koi bisa hidup, air mesti bening dan bak tidak terkontaminasi oleh obat kimia pabrik.

Ternyata, kata Dansektor 21 Kolonel Yusep, ketiga pabrik yang dikontrol itu telah melaksanakan tanggung jawabnya memelihara lingkungan, semua sesuai baku mutu, airnya bening, buktinya ikan bisa hidup di outlet dan airnya direcycle/ dipakai lagi.

Ketiga pabrik itu berada di lingkungan Kaha Group di jalan raya Rancaekek-Majalaya Desa/Kec. Solokanjeruk masing masing PT. Kiatextile, PT. Indoria Textile dan PT. Timur Jaya.

 Menurut Satgas Subsektor 17 Solokanjeruk, Serma Agus Sumarna, Satgas akan terus mengecek secara berkala, memastikan pengolahan limbah oleh pihak pabrik terus dijaga seperti ini.**