Rabu, 16 Oktober 2019 | 05:03 WIB

Satgas Sektor 21 Citarum Harum Tetap Konsisten Laksanakan Perpres No. 15/2018

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com - Satgas Sektor 21 yang dikomandoi oleh Kol. Inf. Yusep Sudrajat dalam melaksanakan tugasnya tetap konsisten berpedoman pada Perpres No. 15 tahun 2018. Di dalam Perpres itu, katanya, sudah jelas aturannya dan menjadi dasar hukum bagi Satgas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dalam mrngembalikan ekosistem sungai Citarum, airnya jernih dan bersih. Semua Subsektor di wilayah Sektot 21, kata Kol. Inf. Yusep juga konsisten dengan komando yang telah digariskan sejak dicanangkan Perpres itu.

Ini, katanya, agar kondisi air Citarum kembali sebagaimana sediakala terus dilaksanakan seperti di Subsektor 13 Cimahi Selatan Senin (1/10) dengan mengadakan patroli ke 5 pabrik di Cimahi Selatan.

Dari hasil patroli ke 5 pabrik itu, Satgas Sektor 21 tidak mendapati satu pun pabrik yang IPALnya mengalirkan limbah kotor dan ini terlihat outletnya ditanam ikan dan tetap hidup.

Ke 5 pabrik itu masing-masing PT. Ragam Jaya Utama dan PT. Nisimbo di Jalan Nanjung Kel. Utama Kec. Cimahi Selatan keduanya kondisi IPALnya jernih dan bersih sehingga di otletnyan ikan bisa hidup.

Dua pabrik lainnya yang beralamat di Jl. Industri 2 masing-masing PT. Dwi Mulya dan PT. Sinar Continental kondisi air di IPALnya jernih dan bening sehingga ikan di outletnya bisa hidup. 

Demikian pula dengan kondisi IPAL PT. Suratex di Jalan Pahlawan Kel. Utama Cimahi Selatan, kondisi air IPALnya juga bening dan jernih dengan ikan koi dan ikan mas bisa hidup di outlet.**