Senin, 16 Desember 2019 | 08:36 WIB

DPRD Jabar Terima Audiensi Gabungan Komunitas Peduli Lingkungan Sumedang

foto

Administrator

Massa yang tergabung dalam Gabungan Komunitas Peduli Lingkungan Gunung Geulis Jatinangor Sumedang Jawa Barat lakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019).

Aksi unjuk rasa tersebut menuntut pemberhentian kegiatan eksploitasi tanah galian di Desa Jatimukti, Desa Jatiroke dan kegiatan perusakan alam di kawasan Gunung Geulis Kabupaten Sumedang yang disinyalir menyalahi aturan.

Melalui keterangan tertulisnya Koordinator Lapangan Obi Haliman mengatakan, melalui aksi ini pihaknya meminta pemerintah provinsi melalui DPRD Provinsi Jawa Barat dan unsur terkait lainnya untuk mendorong penghentian kegiatan perusakan lingkungan di kawasan Gunung Geulis.

Selain itu Ia meminta, Pemprov Jabar untuk segera melakukan penyelidikan terkait adanya pelanggaran izin serta penyelahgunaan wewenangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Serta memberikan tindakan tegas baik bersifat sanksi administratif maupun sanksi pidana, kepada pihak-pihak yang telah menyalahgunakan wewenangnya  dan mengakibatkan rusaknya ekosistem alam di kawasan Kabupaten Sumedang.

Ia berharap, permasalahan kerusakan lingkungan di Kabupaten Sumedang ini dapat menjadi perhatian serius Pemprov Jabar dan segera dilakukannya rehabilitasi lahan guna menghindari degradasi lahan akibat erosi dan sedinitasi.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari Dapil Jabar XI (Sumedang Majalengka Subang) mengungkapkan, turut prihatin atas adanya kegiatan yang mengakibatkan terancamnya kelestarian lingkungan  di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang.

Ineu mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan tersebut dan segera menyampaikan hal ini kepada Pimpinana Sementara DPRD Jabar.

Ia pun mengapresiasi atas pengawalan Gabungan Komunitas Peduli Lingkungan Gunung Geulis Jatinangor Sumedang Jawa Barat terhadap isu-isu lingkungan di Kabupaten Sumedang.

Terkait data-data yang telah diterima, piahknya akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk menentukan langkah lebih lanjut.

Ineu menilai, malalui audiensi ini merupakan bukti bahwa pihaknya secara bersama-sama dengan unsur masyarakat melakukan upaya pelestarian lingkungan.


Penanggungjawab Aksi dari K'PE Gugel, Saepudin menyebutkan, kawasan Gunung Geulis sebagai kawasan konservasi hutan yang harus dilestarikan. Karena itu, perlu koordinasi semua pihak untuk mengelola kawasan tersebut. Terlebih peran serta pemerintah terkait dalam memberikan kebijakan berkaitan lahan konservasi. 


"Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mengurus kawasan hutan lindu g ini," ujar Saepudin.


Ia menambahkan, pihaknya meminta DPRD Jabar dapat mengawal sesuai dengan fungsinya agar dikawasan Gunung Geulis dapat kembali lestari.