Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:58 WIB

Subsektor 02 Cileunyi Sidak Tiga Pabrik Pembuang Limbah

foto

Elly Susanto

KAB. BANDUNG, indoartnews.com - Dalam mengawal Perpres No. 15 Thn 2019 yaitu mengembalikan daerah aliran sungai Citarum kembali normal seperti dahulu kala, Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi melaksanakan giat inspeksi mendadak (sidak) pada tiga perusahaan pembuang air limbah di Jl. Raya Cileunyi-Garut, Senin (16/9/2019).

Satgas Subsektor 02 Cileunyi, Serma Bernando Cavio mengatakan, hari ini jajarannya mendatangi tiga pabrik di wilayah kerjanya yaitu PT IKAFOOD, PT Karya Putra Sangkuriang dan PT Shamada Karya Indonesia. 

Dari ketiga pabrik yang disidak, satu diantaranya merupakan pabrik penghasil makanan olahan yakni PT Ikafood. Di outlet terakhirnya Satgas menemukan air limbah perusahaan tersebut berwarna bening dan ikan koi hidup seperti yang diharapkan Dansektor 21 Kpl Inf Yusep Sudrajat. 

Sedangkan dua perusahaan lagi, PT Karya Putra Sangkuriang dan PT Shamada Karya Indonesia, merupakan pabrik tekstil yang saat ini keduanya sedang membenahi dan menambah instalasi ipal agar pengolahan air limbah berjalan maksimal. 

Kepada ketiga industri yang dikunjungi, Satgas berpesan agar perusahaan tersebut selalu menjaga ipalnya dengan baik.**