Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:10 WIB

Kemarau Panjang Berdampak Mengeringnya Air Sungai Cisangkuy Pangalengan

foto

Ken Zanindha

PANGALENGAN,indoartnews.com - Satgas Subsektor 18 Pangalengan bersama Gober, Satgas melaksanakan pembersihan dan membabad rumput, meratakan tanah serta batu sepanjang 50 meter di bantaran dan sungai Cisangkuy, Sabtu (14/9-2019). Satgas Subsektor 18 Pangalengan Serma Ajang menjelaskan, dengan mendapat bantuan Gober, Satgasnya membersihkan dan membabad rumput liar yang tumbuh di bantaran sungai. 

seraya meratakan tanah dan menertibkan batu-batu sungai yang sulit dipindahkan. Saat ini, katanya, kemarau sehingga kecil air sungai Cisangkuy Kp. Rancamayar Rt 03 Rw 06 Desa Margamukti Kec. Pangalengan. 

Selain itu, kata Serma Ajang, Satgas juga mengadakan patroli sungai dan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah pemukiman dekat bantaran sungai. 

"Giat komsos kami lakukan di tiga wilayah dan Satgas pun dobagi 3 kelompok. Yang ertama Rw 14 Rt 02 Kp. Babakan sukasari Desa Margamulya Kec Pangalengan.Giat kedua di Kp. Badrea Rt 02 Rw 02 Desa lamajang". 

"Kelompok ke 3 dipimpin langsung saya sendiri di Kp Pamgalengan Rt 02, Rw 04 Desa Margamukti Kec Pangalengan". Kepada masyarakat, Satgas mengajak supaya ikut serta berperan aktif dalam mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai menjadi jaring informasi, menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.**