Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:32 WIB

Citarum Bukan Milik Perorangan Pembersihannya Harus Dikeroyok

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com - Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat mengemukakan, sungai Citarum itu bukan milik perorangan atau satu instansi, melainkan milik kita semua. Jadi dalam membersihkan Citarum dari berbagai limbah dan kotoran-kotoran harus dikeroyok. Penegasannya itu disampaikan Kolonel Yusep Kamis kemarin (12/9) saat sosialisasi program Citarum Harum kepada para siswa SMK PGRI 1 Cimahi.

Ia menjelaskan, sosialisasi program Citarum Harum ini dilaksanakan sebulan dua kali, kepada masyarakat dan kepada para siswa di sekolahnya masing-masing. Sebab, katanya, Citarum sudah dinyatakan sebagai sungai terkotor di dunia. Setiap sosialisasi Satgas selalu menjelaskan soal kekotoran itu dari masalah limbah, sampah rumah tangga, kotoran manusia, kotoran tenak dan keleramba jaring terapung di setiap bendungan di daerah aliran sungai Citarum.

Karena itu, kata Dansektor 21, dalam membersihkan Citarum ini diharapkan dikeroyok ramai-ramai, semua pihak harus ikut aktif dan tidak bisa dengan waktu sebentar, perlu waktu lama. "Ini semua tertuang dalam Perpres No. 15/2018 yang mengamanatkan kepada Satgas Citarum Harum melaksanakannya dalam tempo 7 tahun yang mengharap seluruh masyarakat harus bergerak. Mulailah dari diri sendiri dulu, kemudian sekolah dan lingkungan masyarakat," ajak Dansektor 21.

Menyangkut wafatnya Presiden ke 3 Republik Indonesia pada 11 September 2019, Kolonel Yusep, mengajak semuanya memanjatkan do'a agar B. J. Habibie mendapat ampunan dari Allah SWT dan menempatkan di syurga jannah. "Kita patut bangga memiliki bapak bangsa yang berilmu sehingga dunia pun menghargai Indonesia," tegas Kol. Inf. Yusep Sudrajat.

Sementara itu, Wakil Kepala SMK PGRI 1 Cimahi, Aam Jauhari sangat mengapresiasi sosialisasi program Citarum Harum ini dalam upaya menertibkan lingkungan yang bersih. Karena itu, Aam Jauhari berharap pentingnya Dinas Pendidikan menambah kurikulum mata pelajaran lingkungan hidup bagi para siswa sebagaimana diuraikan Dansektor 21 Citarum Harum Kolonel Yusep.**