Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:09 WIB

Satgas Sektor 21-17 Solokanjeruk Cor Lubang Siluman PT. Braga Texcham Industry

foto

Ken Zanindha

KAB. BANDUNG, indoartnews.com - Satgas Subsektor 17 Solokanjeruk mengadakan inspeksi mendadak ke PT. Braga Texcham Industry. Dan pada kesempatan itu, Satgas menemukan lubang siluman instalasi pengolah air limbah pabrik itu yang pembuangannya ke selokan. Menurut Dansubsektor 17 Serma Agus Sumarna, sepintas lubang siluman itu tak tampak karena berada di dalam pabrik ada selokan kecil yang ditutupi sampai ke ujungnya dan dipasang pipa ke selokan.

Satgas saat itu menyaksikan, limbah yang keluar dari pipa siluman itu berupa sisa-sisa obat tekstil dan air bekas bilasan drum kotor yang dicuci serta dibuang pula ke selokan.

Karena itu, Serma Agus Sumarna hari Kamis (5/9) segera melaporkan hasil penemuannya kepada Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat yang saat itu juga memerintahkan Satgasnya untuk menutup lubang Ipalnya.

Satgas Subsektor 17 atas perintah itu segera menutup lubang siluman dengan dicor dan disaksikan wakil dari pihak pabrik tersebut, seraya memerintahkan segera memperbaiki lubang Ipalnya.

Karena, katanya, sebelum kejadian ini kondisi wilayah Subsektor 17 bebas dari limbah berbahaya. Untuk itu, Satgas juga rutin mengadakan patroli untuk mencegah ada pabrik yang membuang limbah berbahaya ke sungai di wilayah Subsektor 17 Solokanjeruk.**