Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:28 WIB

Satgas Subsektor 07 Pameungpeuk Perlebar Sungai Cisangkuy

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com - Satgas Subsektor 07 Pameungpeuk bersama pelopor kebersihan tetap aktif menjaga dan memelihara ekosistem sungai Cisangkuy bahkan untuk memperlancar aliran sungai dan guna mencegah banjir, sungai diperlebar dan dikeruk.

Aktivitas Satgas bersama pelopor kebersihan hari Kamis (29/8) dilaporkan oleh Dansubsektor 07 Peltu Harry kepada Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat rincian pelaksanaan tugasnya. Satgas dan pelopor kebersihan membabad rumput di bantaran sungai Cisangkuy sepanjang 70 M, lebar 3 M sehingga menghasilkan 60 kg rumput dan dibakar di tempat pembakaran.

Menurut Peltu Harry, Satgas juga mengeruk endapan lumpur (sedimen) dan mengangkat sampah dari sungai Citalugtug Kp. Bojongserah Desa Batukarut Kec. Arjasari.

Selain itu, katanya, Satgas pun memperlebar sungai sepanjang 170 meter lebar 5 meter agar aliran sungai tidak terhambat saat musim hujan sehingga tidak terjadi banjir seraya mencari lubang-lubang siluman dari pabrik. Hasil pengerukan 50 kubik.

Satgas juga, kata Peltu Harry, mengadakan patroli sepanjang bamtaran sungai Cisangkuy Kp. Rancamulya Desa Rancaengang Kec. Baleendah. Ternyata, tidak ada lagi limbah atau pun sampah.

Dansubsektor 07 mengatakan, Satgas juga mengadakan komunikasi sosial kepada masyarakat Kampung Pameutingan Desa Malakasari Kec. Baleendah dengan harapan warga sadar pada hidup sehat dan selalu konsisten dengan lingkungan yang bersih dan mengembalikan ekosistem sungai dan sepanjang bantaran.**