Minggu, 22 September 2019 | 21:38 WIB

Desa Lengkong Bangun KawasanTempat Olah Sampah Terpadu

foto

Ken Zanindha

KAB. BANDUNG, indoartnews.com – Satgas Citarum Harum Sektor 21 bersinergi dengan Pemerintah Desa Lengkong dan PT. Megah Ganda Utama (MGU) selaku konsultan teknik telah membangun Kawasan Tempat Olah Sampah Setempat Terpadu Mandiri Ramah Lingkungan (TOSS TM-RL).

Direktur PT MGU, Ir.H Agus Ganda Permana menjelaskan bahwa Kawasan TOSS TM-RL Desa Lengkong menjadi kawasan khusus yang dibangun sebagai aplikasi system. “Kawaaan TOSS TM-RL Desa Lengkong ini telah mengaplikasi teknologi IoT dengan Terpasang CCTV ,WIFI, serta dengan dukungan ICT yang lengkap dan terintegrasi dan juga telah dibangun server NOC di wilayah ini,” papar Agus.

Agus juga memaparkan bahwa maksud dan tujuan dibangunnya kawasan TOSS TM-RL di kantor Desa Lengkong untuk menangani timbunan sampah yang berada di lingkungan ini, serta sebaran sampah sampah liar yang berserakan di sepanjang jalan di sekitar Desa Lengkong.

“Ini merupakan dukungan penuh dalm upaya percepatan penanganan masalah sampah dalam program Citarum Harum khususnya di Sektor 21,”Jelas Agus.

Peralatan dan mesin pengolahan sampah sendiri terdiri dari MOS (incenerator) AG 50, mesin pencacah organik, roda sampah berbasis IT, motor Kaisar dan management kawasan.

“Kami berharap kawasan ini bisa menjadi langkah nyata dan solusi alternatif yang baik menangani masalah sampah di lingkungan dan pemukiman masyarakat”, pungkas Agus.**