Minggu, 22 September 2019 | 21:07 WIB

Warga di Sektor 11 Berterimakasih Kepada TNI, 30 Ha Sawah Terairi

foto

Elly Susanto

CIPATAT, indoartnews.com - Warga di Sektor 11 Cipatat bangga dan berterimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 11 karena 30 Ha sawah mereka selama 4 tahun selalu kekeringan akibat irigasinya yang tidak berfungsi, sekarang ini sudah 2 minggu terairi kembali.

Dansektor 11 Kol. CAJ Firman Adil juga menyatakan terima kasih karena kehadiran TNI dalam Satgas Citarum Harum di Sektor 11 Cipatat telah mendapat respon yang baik dari masyarakat.

Menurut Dansektor 11 dari laporan masyarakat, pihaknya telah mendapat informasi bahwa akibat irigasi yang biasa mengairi persawahan di Desa Cirawamekar, Cipatat, Kertamukti, Sumur Bandung dan Desa Sarimukti, sudah 4 tahun kekeringan sehingga tanahnya belah-belah.

Ini, kata Kol. CAJ Firman Adil, akibat gangguan di hulu irigasi tersebut karena saluran air terhalang batu besar dan longsoran tepian sungai. " Batu besar yang menyumbat aliran sungai dipecahkan menggunakan alat pemecah manual dan mengeruk tanah longsoran," tegasnya.

Saat ini, katanya, air irigasi sudah normal alirannya sehingga mampu membasahi tanah yang retak walaupun belum maksimal. 

Sementara, Danki 1 Sektor 11, Kapt. Inf. H. Rivai Lubis yang juga Danramil Cipatat menyatakan harapannya aliran air irigasi yang awalnya tidak berfungsi maksimal dengan terjunnya TNI Satgas Citarum Harum khususnya Sektor 11, bisa segera mengairi sawah secara maksimal khususnya di wilayah Kompi 3 yang dipimpin Pelda Hadiat Kiswanto,Sabtu (22/6'19).

Kini, katanya, terjunnya Kompi 3 bersama warga masyarakat Cipatat, Kertamukti dan Sarimukti bergotong royong membenahi saluran irigasi, mengeruk lumpur longsoran dan aliran irigasi itu kini sudah lancar.

Seirama dengan Danki 1, Kompi 3 Pelda Hadiat Kuswanto yang membawahi Desa Sumur Bandung, Kertamukti dan Desa Haurwangi menyatakan, respon masyarakat terhadap program Citarum Harum khususnya sangat baik.

Ini terbukti, masyarakat dari 3 desa bergabung membantu Satgas Sektor 11 membenahi badan sungai sehingga aliran air irigasi lancar dan mampu mengairi 30 Ha sawah yang selama 4 tahun tidak bisa ditanami padi melainkan hanya bisa ditanami palawija saja. Selain itu, kata Pelda Hadiat, yang saat itu didampingi ketua RW 06 Desa Cipatat Kusmara, Satgas bersama masyarakat juga menutupi 20 lubang yang menyebabkan aliran air irigasi tidak lancar dan kini aliran sudah lancar.

Kepala Desa (Plt) Kertamukti, Tatang juga menyatakan rasa bangga dan berterima kasih karena dengan hadirnya Satgas Citarum Harum Sektor 11, kondisi 30 ha sawah di 5 Desa kini sudah terairi. 

Ia menegaskan, sebelumnya upaya-upaya warga bersama lembaga pengairan sudah diupayakan, namun ternyata hasilnya tidak maksimal. Karena itu, diharapkan dengan adanya Satgas Citarum Harum target perbaikan irigasi dua bulan dapat tercapai.

Sedang, Sekdes Kertamukti Nur Ambia Sukandar mengatakan, program Sektor 11 di Desanya sudah berjalan sebulan sehingga diharapkan program irigasi di Pasirangin dapat segera rampung sehingga dapat segera ditanami padi.

Udin Samsudin sebagai warga desa RW 21 Kampung Singasari Desa Kertamukti juga menyatakan rasa bangga dan terima kasih kepada Satgas Sektor 11 karena aliran air irigasi di desanya sudah lancar. **