Senin, 19 Agustus 2019 | 02:03 WIB

Darya Suganda Berharap Sosialisasi Citarum Bisa Sadarkan Masyarakat Pentingnya Kebersihan

foto

Elly Susanto

CIPATAT-, indoartnews.com - Darya Suganda ST tokoh masyarakat Desa/Kec. Cipatat menyatakan, walau sosialisasi program Citarum Harum di Sektor 11 yang dipimpin Kol. CAJ. Firman Adil, baru pertama kali sampai ke Desa Cipatat, namun masyarakat mendukungnya.

Keyakinannya itu ia sampaikan kepada indoartnews.com, Kamis 20 Juni 2019 saat mengikuti acara sosialisasi program Citarum Harum bersama warga masyarakat di Balai Desa Cipatat oleh Dansektor 11 Kol. Firman Adil.

Darya mengatakan, warga merasa terbantu dengan sosislisasi ini. Apalagi beberapa warga desa ikut membantu, bergabung bersama TNI Satgas Citarum Harum.

Sementara, kata Darya, Babinsa Cipatat, kopda Saefulloh bersama jajarannya sudah mulai bergerak membersihkan lapangan dan selokan yang semula tampak semrawut, kini telah tertata rapih. Melalui sosialisasi ini pula, katanya, telah memberi pelajaran kepada warga cara hidup sehat, salah satu upayanya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengalirkan kotoran dari WC ke saluran irigasi atau sungai yang lain.

Bahkan, kata Darya, Dansektor 11 akan membantu tenaga untuk membuat septictank dan ini merupakan terobosan baru. "Mudah-mudahan terus berjalan dengan mensuport tenaga dan anggaran", harapnya.

Dilain pihak, ia berharap masyarakat juga bisa mengubah mindset/pola pikir untuk menggapai cara hidup bersih, sehat dengan cara tidak membuang kotoran ke anak sungai, baik saat ini mau pun masa datang.

Ia pun berharap, sosialisasi program Citarum Harum terus berlanjut walau programnya tersisa 5 tahun. Karena jika hanya dihimbau oleh Desa tidak banyak hasilnya namun jika bersama para anggota tentara hasilnya lebih baik.**