Kamis, 18 Juli 2019 | 22:29 WIB

Lestarikan Budaya, KNPI Jabar Bersama Warga Desa Neglasari Gelar Hajat Lembur

foto

Elly Susanto

BANDUNG,- indoartnews.com - Warga Desa Neglasari Kec. Majalaya dalam upaya melestarikan budaya, mengenang jasa-jasa "karuhun" setempat dan membangun Desanya, akan menyelenggarakan Hajat Lembur di lapangan sepakbola Desa Wangisagara pada Sabtu-Minggu 29 Juni 2019 sebagai tanda syukur ke hadirat Ilahi karena usia desanya telah 37 tahun.

Rencana itu terungkap saat dialog Kepala Desa Neglasari Asep Zaenal Malik Ibrahim dengan Teguh Ari Prianto pada acara Press Conference Hajat Lembur Milangkala Desa yang digelar DPD KNPI Jawa Barat di Jl. Soekarno Hatta No. 623 Bandung, Sabtu (15/6).

Dalam acara tersebut, mengulas rencana kerjasama Desa Neglasari, DPD KNPI Jabar dan Karang Taruna Kab. Bandung menyelenggarakan Hajat Lembur disertai kreasi-kreasi khas di desa itu dalam wadah Pasar Tongkeng.

Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat Rio F. Wilantara  mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Hajat Lembur dengan berbagai kemampuan yang dimiliki warga berupa kreasi kuliner khas, seni khas atau helaran khas yang dimiliki Desa Neglasari yang dikemas dalam Pasar Tongkeng.

Menurut Rio, dalam acara Hajat Lembur ini pemerintah desa pun akan menyerahkan penghargaan kepada tokoh tokoh masyarakat yang telah berjasa dalam pembangunan dan pemekaran desa ini.

Rio mengungkapkan, mengingat Desa Neglasari ini dilalui aliran sungai Citarum hendaknya masyarakat pun dapat berpartisipasi dalam program Citarum Harum sebagaimana tercantum dalam Perpres No. 15 tahun 2018 untuk mengembalikan ekosistem Citarum.

"Dahulu, katanya, sungai yang melintasi beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat memiliki aliran airnya yang jernih dapat dipakai mandi dan mencuci oleh masyarakat. Namun, ekosistem dan kondisi air Citarum menjadi sungai terkotor di dunia."

Namun, sejak tahun 2018, pemerintah telah memogramkan untuk mengembalikan sungai Citarum agar dapat dimanfaatkan kembali oleh segenap masyarakat dengan program Citarum Harum yang desa ini masuk dalam Sektor 04.

Pengarah Tim Pancer DAS Citarum DPD KNPI Jabar Teguh Ari Prianto yang turut hadir di Acara Press Conference mengatakan, pihaknya yakin dengan warisan budaya leluhur Desa Neglasari, masyarakat khususnya para pemuda pemudi desa dapat lebih mengembangakan dan memekarkan desa ini dengan upaya dan kreatvitas yang dimilikinya.**