Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:05 WIB

Di Subsektor 06 Citepus Rencana Dibangun TPS 3 R dan Taman Ikon

foto

Ken Zanindha

BANDUNG,- indoartnews.com - Di bantaran sungai Citepus sebelah timur Kp. Bojong RW 09 Kel Pasawahan Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung rencana akan dibangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Reduce, Reuse, Recycle dan Taman Ikon Sektor 21.

Dansubsektor 06 Citepus, Peltu Edy Purwanto menjelaskan, seluruh aktivitas yang dilaksanakan Jum'at (14/6-19) mendapat bantuan tenaga dari 12 orang anggota Gober. 

Satgasnya, kata Peltu Edy Purwanto, memunguti sampah di sekitar aliran sungai, membabad rumput, ilalang dan belukar di bantaran sungai. Hasilnya dikumpulkan di bak sampah dan jika sudah kering, dibakar.

Targetnya, kata Dansubsektor 06 Citepus, sepanjang 500 meter di aliran sungai Citepus. Kemudian Satgas juga memelopori pemungutan sampah dan dikumpulkan di bak sampah.

Setelah dikumpulkan di bak sampah bakar di Kp. Bojongsuren Kel. Pasawahan beserta Kp. Sekeandur Desa Cangkuang Wetan, katanya, selalu diawasi oleh Satgas agar tak ada yang mengusiknya.

Komunikasi sosial pun, menurut Peltu Edy, dilaksanakan kepada warga untuk berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dan Sstgas pun mengajak masyarakat untuk menghijaukan bantaran sungai.

Kepada masyarakat, Satgas pun mengajak masyarakat untuk menjadi jaring informasi dan mengawasi jika ada industri atau pabrik yang masih membuang limbah ke sungai.**