Senin, 25 Maret 2019 | 12:36 WIB

Kol. Inf Yusep Sudrajat Kunjungi Para Pemuda Asean di Subsektor 15 Sumedang

foto

Ken Zanindha

SUMEDANG, - indoartnews.com --Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat menghadiri acara kerja sama antara Satgas Citarum Harum Sektor 21 berasama Maybank Foundation dan ASEAN Foundation melalui program eMpowering Youths Across ASEAN di Kantor Desa Sindang Pakuon, Kabupaten Sumedang, Rabu pagi (27/2).

40 pemuda yang berasal dari Kamboja, Malaysia, Bangkok, Indonesia dan Brunei Darussalam diturunkan untuk program eMpowering Youths Across ASEAN untuk membuat perubahan di empat area komunitas di Purwakarta, Sumedang, Nusa Tenggara Timur dan Toraja.

Para anak muda yang terbagi dalam empat kelompok ini, ditantang untuk memanfaatkan pelatihan manajemen proyek dan pemberdayaan masyarakat yang mereka terima di lokakarya beberapa waktu lalu di Bangkok, untuk menyukseskan pelaksanaan komunitas proyek mereka melalui kolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil (OMS) setempat. 

Proyek-proyek komunitas yang diciptakan oleh para anak muda ini mencangkup topik-topik seputar sosial, ekonomi dan lingkungan, semisal pertanian berkelanjutan, kampanye air bersih, peningkatan kemampuan membaca orang tua dan ekowisata. Semua proyek ini mewakili empat tema besar dari program eMpowering Youths Across ASEAN, yaitu seni dan budaya, penguatan masyarakat, pendidikan dan keanekaragaman lingkungan.

“Mereka melihat masalah air bersih yang dikonsumsi oleh masyarakat, dalam pelaksanaanya berkolaborasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 21,” kata Yusep.

Yusep menambahkan jika kegiatan sejenis harus sering diselenggarakan dengan organisasi lain yang programnya fokus tentang lingkungan, karena lingkungan milik anak cucu di masa yang akan datang, sehingga perlu ditanamkan dari saat muda.

Ia juga berharap pemuda daerah asli Indonesia khususnya Jawa Barat tidak hanya diarahkan kepada kesenian seperti karang taruna saja, namun juga harus diarahkan kepada lingkungan.

“Pemuda di daerah harus lebih kreatif dari pemuda mancanegara, mereka saja datang kesini, masa remaja disini diam saja,” tegas Yusep.

Diakhir paparannya Dansektor 21 berpesan kepada anak-anak muda dari berbagai negara ini untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya tentang keadaan sungai Citarum ketika mereka pulang ke negaranya.

"Saya minta kepada kalian semua, ketika pulang ke negaranya masing-masing, Jangan tutup-tutupi keadaan sungai Citarum apabila memang masih kotor, dan katakan kalau memang sungai Citarum sudah bersih, karena masyarakat Jawa Barat adalah bangsa yang beradab", tandas Kol Yusep Sudrajat. 

Selesai acara di kantor Desa Sindang Pakuon, Dansektor 21 Yusep Sudrajat melanjutkan kunjungan kerjanya ke Pesantren Nurul Iman di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang untuk mesosialisasikan Program Citarum Harum kepada para santri dan masyarakat Desa Cihanjuang.

"Saya akan terus melakukan kunjungan seperti ini. Semua Subsektor di Sektor 21 sudaj saya perintahkan untuk segera buat rencana dengan Pondok Pesantren, sekolah tingkat SLTA, Perguruan Tinggi, dengan pemerintahan desa untuk saya datangi secara safari sampai semua subsektor saya datangi", tutup Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.*

Dalam kunjungan di dua lokasi ini dihadiri pula Danramil, Kapolsek, Camat Cimanggung, Kepala Desa Cihanjuang serta para Ketua Rw dan warga masyarakat Cimanggung.